Kamis, 31 Mei 2012

10 Gejala Awal Kehamilan

10 Gejala Awal Kehamilan

Proses kehamilan adalah jika sel telur yang berada dalam rahim anda bertemu dengan sel sperma, ini yang akan menyebabkan anda hamil. Banyak sekali orang yang menantikan kehadiran buah hati apalagi pada pasangan yang sudah menikah beberapa tahun. Anda bisa melakukan pengetesan dengan memakai testpack, tetapi anda juga dapat merasakan gejala awal yang berbeda yang anda alami pada tubuh.

Apa saja sih sebenarnya tanda awal anda mengalami kehamilan ???

1. Napas Lebih Pendek.
Jika anda mengalami kehamilan, anda akan merasakan terengah-engah ketika berjalan. Ini karena janin yang ada di kandungan anda sedang tumbuh dan ia memerlukan kandungan oksigen yang cukup, sehingga pasokan oksigen yang ada dalam tubuh anda terbagi menjadi dua, anda dan janin.

2. Payudara Lebih Besar (Bengkak).
Jika anda merasakan perbedaan pada payudara anda, ini bisa menjadi tanda anda mengalami kehamilan. Payudara yang membesar dan menjadi lebih lembut, serta warna puting anda menjadi lebih gelap merupakan tanda awal kehamilan.

3. Kelelahan.
Anda merasa kelelahan karena hormon yang ada di dalam tubuh anda meningkat. Rasa lelah ini biasanya muncul di tri semester masa kehamilan anda.

4. Mual.
Mual adalah gejala yang sangat umum terjadi jika anda mengalami kehamilan. Rasa mual ini biasanya terjadi pada usia kandungan 2,5 bulan, ada juga yang mengalami mual pada usia kandungan baru 1 bulan.

5. Lebih Sering Buang Air Kecil.
Wanita yang hamil akan sering buang air kecil, karena pada masa kehamilan tubuh memerlukan ekstra cairan sehingga kandung kemih juga harus bekerja ekstra agar cairan yang terkandung dalam tubuh anda tetap normal.

6. Sakit Kepala / Pusing.
Perubahan hormon dalam tubuh anda karena hamil, dapat menyebabkan anda menderita sakit kepala di masa awal kehamilan. Jika anda menderita sakit kepala, jangan langsung minum obat, karena bisa saja ini sebagai tanda anda sedang hamil.

7. Perut Kram.
Pada proses kehamilan, rahm anda akan melebar untuk menyimpan janin anda dan sebagai pertumbuhan bayi. Ini yang dapat menyebabkan anda mengalami kram perut.

8. Sulit Buang Air Besar.
Jika anda hamil, hormon progesteron yang berada pada tubuh anda akan meningkat. Hormon ini mengakibatkan susahnya buang air besar dan menjadikan perut anda terasa kembung.

9. Perubahan Mood.
Perubahan mood menjadi tanda kehamilan, karena hormon tubuh sedang melakukan adaptasi dengan hormon anda yang baru.

10. Indra Penciuman Lebih Sensitif.
Banyak sekali wanita hamil yang merasakan bahwa penciumannya lebih sensitif daripada biasanya. Penciuman sensitif ini juga bisa menjadi tanda kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa