Selasa, 29 Mei 2012

Cara Mengatasi Iritasi Kulit

Cara Mengatasi Iritasi Kulit

0

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh gigitan serangga, cacar air, eksim atau kulit terbakar. Tidak peduli seberapa parah kulit yang teriritasi, menggaruk bisa menjadi ide yang buruk dan hanya akan memperburuk masalah. Ada banyak obat yang tersedia untuk membantu memuluskan kulit anda kembali, beberapa diantaranya adalah :
Aloe Vera (Lidah Buaya)

iritasi kulit | cara mengatasi iritasi kulit Aloe Vera atau lidah buaya dapat bekerja untuk meringankan iritasi kulit anda. Sengatan matahari atau luka lecet dapat diatasi dengan gel lidah buaya pada daerah yang teriritasi. Gel lidah buaya dapat dibeli di hampir semua toko obat, apotek dan sebagainya. Kulit akan menjadi lebih baik setelah dioleskan gel lidah buaya. Namun jika setelah mengoleskan gel ini, kulit anda menjadi lebih buruk dan warna menjadi gelap kemerahan, kemungkinan anda mengalami alergi.
Oatmeal (Havermut)

Havermut atau makanan berbahan gandum dapat juga mengatasi iritasi kulit. Walaupun terdengar konyol pada awalnya, havermut dapat bekerja luar biasa dalam mengatasi iritasi kulit yang disebabkan cacar air atau tanaman beracun. Mandi bubuk gandum dengan air hangat dapat mengurangi rasa gatal. Ada juga havermut berbasis lotion yang dapat digosokkan pada kulit anda sebelum tidur.

Vitamin E

Vitamin E dapat menjaga kulit tetap bagus dan menyembuhkan kulit yang teriritasi secara alami. Biasanya dijual dalam bentuk minyak dan dapat digosok secara lembut dengan kapas pada daerah yang meradang. Vitamin E dalam bentuk kapsul juga sama saja dengan yang berbentuk minyak. Jika anda membuka sebuah kapsul vitamin E, anda dapat mengeluarkan gel yang ada di kapsul dan menerapkannya pada ruam menggunakan kain penyeka. Vitamin E juga berfungsi untuk membantu menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas luka.
Mencegah Iritasi Kulit

Meskipun ada banyak cara untuk mengobati iritasi kulit, pencegahan adalah kunci utamanya. Kulit dapat dengan mudah mengalami iritasi pada suhu dingin. Jika suhu udara di lingkungan anda sedang dingin, selalu gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari kedinginan. Gunakan losion setiap malam sehingga udara dingin tidak mengeringkan kulit Anda. Pastikan untuk memakai tabir surya di cuaca yang panas ketika menghabiskan waktu di pantai atau di kolam renang. Saat pergi ke gunung untuk mendaki, usahakan memakai pelindung dan pakaian panjang untuk menghindari kontak langsung dengan tanaman beracun yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa