Rabu, 30 Mei 2012

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

mual saat hamil Cara Mengatasi Mual Saat Hamil - Rasa mual dan muntah banyak dialami oleh ibu hamil, bahkan rasa mual tersebut sering diisyaratkan sebagai tanda awal kehamilan.

Keluhan mual dan muntah (morning sickness) umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan, terutama pada kehamilan pertama, dan akan hilang dengan sendirinya seiring memasuki trimster kedua dan ketiga.
Meski dinilai normal dan wajar, rasa mual saat hamil dapat menghambat aktivitas, bahkan dapat membuat ibu dan janin kekurangan gizi. Karena dalam banyak kasus, calon ibu merasa mual dan muntah saat mencium bau makanan, termasuk nasi.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual saat hamil ini diantaranya:

1. Konsumsi Gizi Seimbang
Pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Konsumsi juga buah dan sayuran. Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Hal ini untuk mencegah perut kosong dan mempertahankan kestabilan kadar gula darah.

2. Bergerak Perlahan
Jangan terburu-buru saat bangun pagi, duduklah terlebih dulu dan perlahan-lahan mulai berdiri.

3. Hindari Pemicu Mual
Setiap ibu hamil memiliki hal-hal tertentu yang dapat memicu mual, seperti parfum atau makanan berbau tajam.

4. Konsumsi Jahe
Untuk pengobatan tradisional, jahe adalah pilihan yang tepat. Konsumsi jahe sesuai selera anda, misalnya dibuat minuman ataupun langsung dikunyah.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rasa mual saat hamil adalah hal yang normal dan akan menjadi pengalaman tersendiri saat anda mengandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa