Selasa, 29 Mei 2012

Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Cara Tradisional

Mengatasi Batuk Berdahak Dengan Cara Tradisional

Batuk berdahak memang sangat mengganggu akvititas kita. Hampir semua orang mungkin pernah mengalami batuk berdahak. Batuk berdahak bisa diobati dengan cara tradisional atau dengan mengkonsumsi obat buatan pabrik. Namun sebelum membahas tentang obat, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika anda sedang mengalami batuk berdahak :
  • Jaga tubuh agar selalu hangat, anda bisa memakai selimut ketika tidur atau jaket ketika sedang keluar rumah.
  • Jauhi tempat yang berdebu dan tempat-tempat yang dingin.
  • Usahakanlah mandi dengan air hangat
  • Perbanyak minum air putih kurang lebih 7 hingga 8 gelas per hari. Hal ini dapat membantu mengencerkan dahak.
  • Istirahat yang cukup dan jangan bekerja terlalu berat.
  • Anda dapat mengkonsumsi vitamin C yang bisa menambah daya tahan tubuh.
  • Hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memperparah batuk berdahak anda seperti merokok.
batuk berdahakBatuk berdahak bisa diobati dengan cara tradisional, yakni memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa kita peroleh dengan mudah. Berikut bahan-bahan alaminya:

Jahe
Jahe mengandung zat anti bakteri yang baik. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe bisa juga mengobati batuk berdahak. Minumlah sari jahe hangat selama anda mengalami batuk berdahak minimal sekali sehari. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan jahe dan kencur seperlunya lalu cuci dan iris tipis. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus, lalu ambil air rebusan tersebut. Tambahkan jeruk nipis atau madu dan minum.
Jeruk Nipis
Campuran jeruk nipis dan kecap sudah terbukti ampuh dalam mengatasi batuk berdahak. Namun jika anda tidak suka kecap, anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Minumlah campuran satu sendok teh jeruk nipis dan madu sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
Daun sirih
Daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Ambil 5 lembar daun sirih dan cuci bersih. Setelah dicuci bersih, rebus daun tersebut sampai mendidih. Anda juga dapat mencampurkan dengan potongan jahe. Setelah mendidih, ambil air rebusannya dan anda bisa minum air rebusan ini sebanyak minimal sekali sehari agar tubuh tetap hangat dan sehat.
Itulah beberapa tips dalam mengobati batuk berdahak dengan cara tradisional. Semoga membantu mengatasi batuk berdahak anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa