Selasa, 29 Mei 2012

9 Manfaat Madu Bagi Tubuh

9 Manfaat Madu Bagi Tubuh

Madu merupakan cairan seperti sirup yang manis rasanya dan kental. Madu dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Banyak manfaat madu yang bisa kita peroleh. Madu sudah terbukti memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi secara teratur. Manfaat madu bagi tubuh tidak hanya kita rasakan pada bagian dalam saja namun bisa juga dimanfaatkan pada bagian luar tubuh seperti pada kulit yang terluka. Adapun manfaat madu yang lainnya adalah sebagai berikut..

9 Manfaat Madu Bagi Tubuh

madu | manfaat madu1. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Madu dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan karena madu memiliki sifat anti bakteri. Madu mudah dicerna sehingga baik untuk dikonsumsi anak-anak.
2. Diet
Jika anda sedang ingin menjalankan diet, maka madu juga dapat diterapkan. Campuran lemon, madu, dan air hangat di minum secara rutin dapat mengontrol berat badan anda. Lemak akan terkikis namun tidak menguras energi, karena madu dapat meningkatkan energi. Konsumsilah madu 2 sendok sehari agar energi anda tetap terjaga sepanjang hari.
3. Sakit Tenggorokan
Madu juga bermanfaat dalam mengobati sakit tenggorokan. Caranya tambahkan madu pada perasan/jus jahe kemudian di minum.

4. Pengganti Gula
Madu dapat dicampurkan pada minuman ataupun makanan. Jika anda suka minum teh, coba ganti gula dengan madu sebagai pemanisnya.
5. Mencegah Kanker
Kanker juga bisa dicegah dengan mengonsumsi madu karena madu mengandung karsinogen dan sebagai anti tumor.
6. Menjaga Kulit
Kulit bisa tetap lentur dan segar dengan menerapkan madu di wajah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas waja dengan air hangat.
7. Obat Luka
Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama bila kulit terluka akibat luka gores, luka bakar, dan luka lainnya. Madu memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah infeksi dan meredam pertumbuhan bakteri.
8. Membantu Tidur Nyenyak
Campurkan madu sebanyak dua sendok teh dengan secangkir teh chamomile dan minum sebelum tidur. Hal ini dapat membantu saraf menjadi lebih tenang dan tidurpun lebih nyenyak.
9. Menambah Kemilau Rambut
Cuci rambut dengan dua sendok makan madu kemudian campurkan dengan air hangat. Cara ini dipercaya dapat menambah kemilau rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa