Selasa, 29 Mei 2012

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

0

Bau mulut memang merupakan masalah kebanyakan orang. Tidak jarang, masalah bau mulut dapat mempengaruhi kepercayaan diri sendiri, akibatnya timbul rasa minder saat berbincang dengan orang lain. Tentunya anda sadar jika mulut anda bau, maka hal ini juga akan mengganggu lawan bicara anda. Mungkin anda tidak sadar jika mulut anda bau, namun tidak ada salahnya untuk dicek sendiri. Caranya adalah masukkan salah satu jari yang bersih ke dalam mulut, kemudian ambillah air liur di belakang lidah. Selanjutnya letakkan air liur tersebut pada punggung tangan anda, tunggu sebentar dan bau aromanya. Jika bau, berarti memang napas anda mengeluarkan aroma tak sedap.
Penyebab Bau Mulut
1.Bakteri

bau mulut | cara mengatasi bau mulutBau mulut anda dapat disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam mulut. Gigi merupakan tempat bersembunyinya mikroorganisme ini dan menutupi lidah anda. Mereka kemudian berkembang biak dan akan mengeluarkan racun serta bau tak sedap.
2. Kriptus

Kriptus adalah penyebab dari halitosis (keadaan saat tercium bau mulut ketika bernapas). Kriptus terletak di lubang amandel. Bila amandel menggumpal dan terlalu lebar, bau tak sedap akan berkumpul pada lubang-lubang itu. Gumpalan tersebut kadang-kadang bau dan membuat bau mulut tidak sedap.
3. Kebiasaan Buruk

Mengunyah tembakau dan juga merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan bau yang benar-benar tidak sedap.
4. Makanan

Makanan disini maksudnya adalah makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, petai, jengkol dan lainnya akan menimbulkan bau mulut yang tajam pula, bahkan meskipun telah menggosok gigi, bau mulut itupun masih tetap ada hingga berjam-jam.

5. Masalah Perut

Maag juga dapat menyebabkan bau mulut saat bersendawa. Diet rendah karbohidrat bisa menyebabkan ketosis atau pembakar lemak di dalam tubuh yang menghasilkan bau tak sedap.

Cara mengatasi bau mulut
Ada beberapa cara dalam mengatasi mulut anda. Berikut tips sederhana para ahli kesehatan oral yang dikutip dari klikdokter.org  :
1. Sikat Gigi

Sikat gigi dan lidah secara rutin dan benar. Sikatlah bagian belakang lidah jika anda menggunakan past gigi ber-fluoride karena dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Hal ini didasari sebuah studi bahwa dengan menyikat bagian lidah, bau mulut dapat berkurang hingga 70%.
2. Flossing

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang bisa dilakukan karena bisa mengeluarkan sisa makanan yang terselip, menghilangkan plak dan sebagainya.
3. Berkumur

Berkumurlah dengan peroksida karena dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut
4. Perbanyak Minum

Minum air yang banyak untuk menghilangkan bau mulut akibat mulut yang kering. Mulut kering bisa terjadi karena kurangnya cairan, pernapasan dari mulut, atau obat-obatan tertentu.
5. Cek Sinus

Sinus bisa menjadi penyebab mau mulut. Infeksi sinus dapat mendasari terjadinya bau mulut
6. Makan Yogurt dan Permen Karet Xylitol

Konsumsilah yogurt untuk mengisi ulang bakteri baik pada usus. Kunyah juga permen karet yang memiliki kandungan xylitol untuk mengurangi bau mulut. Dengan mengunyah permen karet dapat menambah kadar air liur yang dapat membilas bakteri di dalam mulut. Anda juga bisa mengonsumi peterseli dan seledri yang mempunyai sifat antijamur dan antibakteri.
Jika cara-cara tersebut tidak berhasil menghilangkan bau mulut anda, konsultasikan dengan dokter gigi. Periksakan gigi anda setiap enam bulan sekali agar dapat mengontrol permasalahan seputar mulut dan gigi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa