Selasa, 29 Mei 2012

8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

0

Rasa kantuk tidak mempedulikan waktu dan tempat. Dimanapun berada dan kapanpun itu, rasa kantuk bisa menyerang siapa saja. Sebagai contoh adalah di kantor. Disaat jam kerja atau ketika rapat penting, rasa kantuk bisa menyerang anda, otomatis hal tersebut akan mempengaruhi kinerja anda. Di Amerika, 1 dari 10 karyawan mengaku pernah tertidur saat jam kerja. Hal ini berdasarkan sebuah survei di sana.
Tentunya hal ini sangat memalukan jika anda ketahuan sedang tertidur di saat jam kerja, terlebih lagi ketika ada rapat yang sangat penting. Sebagai seorang karyawan anda dituntut untuk berkonsentrasi tinggi saat di kantor, terlebih lagi jika profesi anda berkaitan dengan hal-hal yang dituntut harus fokus seperti sopir, pengendali lalu lintas udara, dokter, dan sebagainya. Karena, jika anda sampai tidak fokus akibat rasa kantuk yang datang, akibatnya akan fatal bagi orang lain.
Namun bagi anda yang sering dilanda rasa kantuk tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang anda.

8 Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja

rasa kantuk | menghilangkan rasa kantuk1. Konsumsi Kafein

Minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman berenergi dapat meningkatkan produksi adrenalin. Selain itu, kafein juga dapat menghambat zat kimia penyebab kantuk. Namun demikian harus dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Para ahli menganjurkan untuk tidak konsumsi kafein lebih dari 200mg perhari atau setara dengan 3 cangkir kopi.
2. Mengemil

Cari camilan sebagai teman anda disaat sedang bekerja. Tentunya cari camilan yang sehat, yang rendah kalori. Ngemil termasuk sebagai “obat” untuk mengusir kantuk. Camilan yang mempunyai protein tinggi dapat merangsang sel orexin pada otak yang akan mengirimkan impuls listrik. Hal ini akan membuat seseorang tetap terjaga dan waspada. Namun begitu sebaliknya dengan camilan yang banyak mengandung karbohidrat, sebab camilan seperti ini akan membuat kita mudah mengantuk karena dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

3. Bergerak.

Duduk dengan waktu yang lama dapat menyebabkan rasa kantuk. Jika pekerjaan anda menuntut anda untuk duduk terus dan berhadapan dengan komputer, sebaiknya lakukan sedikit peregangan sekali waktu atau berjalan sebentar agar aliran darah kembali lancar.
4. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat mengembalikan mood dan mengembalikan tingkat konsentrasi anda disaat rasa kantuk mendera. Hal ini juga sesuai dengan hasil sebuah studi di Taiwan yang menemukan bahwa seseorang cenderung memiliki level konsentrasi tinggi saat mendengarkan musik ketika sebelum ujian berlangsung.
5. Menghirup aroma tertentu

Cobalah menghirup aroma tertentu karena dinilai cukup efektif untuk mengembalikan daya konsentrasi anda. Aroma-aroma seperti kayu manis, cokelat, kopi, dan pepermint cukup efektif untuk membuat mata tetap “on”.
6. Sinar matahari yang cukup

Seseorang yang kurang terkena paparan sinar matahari akan cenderung diserang rasa kantuk. Usahakan ruangan/tempat kerja anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar terhindar dari kantuk saat bekerja.
7. Olahraga dan Tidur Cukup

Olahraga seperti joging atau lari pagi sebelum bekerja, dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar, sehingga anda akan merasa bersemangat saat beraktivitas. Tidurlah yang cukup dan hindari yang namanya begadang, sehingga akan meminimalkan resiko akan rasa kantuk yang menyerang di saat jam kerja.
8. Konsultasikan dengan dokter

Bisa jadi rasa kantuk yang anda alami merupakan tanda adanya gangguan kesehatan pada diri anda seperti sleep apnea atau anemia. Oleh sebab itu bersegeralah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan yang anda alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alexa